Senin, 07 November 2011

Manajemen Usaha Kecil


·      DEFENISI USAHA KECIL:
1      Menurut kementerian negara koperasi dan usaha kecil.
usaha kecil termasuk usaha mikro, adalah entitas usaha yang memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 200.000.000 tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha, dan memiliki penjualan tahunan paling banyak Rp 1.000.000.000. sementara itu usaha menengah merupakan entitas usaha milik warga negara indonesia yang memiliki kekayaan bersih lebih besar dari Rp 200.000.000 s,d  Rp 1.000.000.000, tidak termasuk tanah dan bangunan

2      Menurut BPS
Usaha kecil adalah entitas usaha yang memiliki jumlah tenaga kerja 5-9 orang, sedangkan usaha menengah adalah entitas usaha yang memiliki tenaga kerja 20-99 orang
3      Menurut menteri keuangan,
Usaha kecil adalah sebagai perorangan atau badan usaha yang telah dilakukan kegiatan / usaha yang mempunyai penjualan / omset per tahun setinggi-tingginya Rp 600.000.000, atau aset setinggi-tingginya  Rp 600.000.000 ( dilluar tanah dan bangunan yang ditempati) terdiri dari :
Badan usaha ( Fa, Cv, Pt dan koperasi) dan perorangan ( pengrajin / industri rumah tangga petani, peternak, nelayan, penambang, pedagang barang dan jasa

4      Menurut menteri perindustrian dan perdagangan
menetapkan bahwa industri dan menengah adalah industri yang dimiliki nilai investasi  sampai dengan Rp 5 M, sementara itu, usaha kecil dibidang perdagangan dan industri juga dikategorikan sebagai usaha yang memiliki aset tetap kurang dari Rp 200.000.000 dan omset per tahun kurang dari 1 M

5      Bank Indonesia
menggolongkan usaha kecil dengan merujuk pada UU No 9 tahun 1995, sedangkan usaha kecil menengah, BI menentukan sendiri kriteria aset tetapnya dengan besaran yang dibedakan antara industri manufaktur ( Rp 200 juta s.d Rp 5 M ) dan non-manufaktur ( Rp 200 juta – Rp 600 juta )

Contoh-contoh pertanyaan seputar manajeman usaha kecil:

1.       Sebutkan dampak sosio ekonomi dari adanya wirausaha yang dikemukakan oleh Burch??
-          Menciptakan lapangan pekerjaan
-          Meningkatkan kualitas hidup
-          Meningkatkan pemerataan pendapatan
-          Memanfaatkan dan memobilisasi sumber daya untuk meningkatkan produktifitas nasional
-          Meningkaatkan kesejahteraan pemerintah melalui program pemerintahaan seperti pajak
2.       Sebutkan bentuk-bentuk bisnis kecil yang populer
-          Jasa
-          Konstruksi
-          Keuangan dan asuransi
-          Grosir
-          Transportasi dan perakitan
3.       Sebutkan hal-hal yang diperhatikan dalam memulai bisnis
-          Rencana bisnis
-          Tujuan dan sasaran bisnis
-          Peramalan penjualan ( sales forcasting)
-          Perencanaan keuangan
-          Posisi awal bisnis, apakah :
·         Memulai bisnis kecil
·         Membiayai bisnis kecil
·         Membeli bisnis yang sudah ada
·         Memulai dari awal
4.       Jelaskan bagaimana pengaruh e – commerce terhadap bisnis kecil??
-          Pengaruh e-commerce terhadap bisnis kecil terhadap bisnis kecil kurang efesien, karena masih terdapat berbagai masalah dalam mempersiapkannya, seperti masalah ketersediaan produk dalam perusahaan atau organisasi internal, masalah keuangan, masalah pemahaman tentang e-commerce, dan masalah lainnya.

5.       Sebutkan hal-hal yang mempengaruhi kegagalan usaha kecil,
-          Manajerial yang kurang atau tidak kompeten atau berpengalaman
-          Kurangnya dukungan dari pihak-pihak yang berhubungan
-          Masih lemahnya sistem kontrol dan pengawasan
-          Masalah kurangnya modal untuk mengembangkan usaha

6.       Sebutkan hal-hal yang mempengaruhi keberhasilan usaha kecil
-          Kerja keras, dorongan, keuletan, dan dedikasi pemilik
-          Permintaan pasar akan produk/jasa yang ditawarkan
-          Kompentensi, pengalaman, dan kemampuan manajerial
-          Faktor keberuntungan

7.       Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi penetapan harga
-          Biaya produk atau jasa
-          Faktor permintaan dan penawaran
-          Volume penjualan
-           Harga pesaing
-          Keunggulan kompetitif perusahaan
-          Kondisi perekonomian
-          Lokasi perusahaan
-          Fluktuasi musiman
-          Faktor psikologis
-          Ketentuan kredit dan diskon perusahaan
-          Kepekaan pelanggan terhadap harga
-          Citra yang diinginkan

8.       Sebutkan dan jelaskan strategi dasar dalam menetapkan harga produk baru
-          Penetrasi  pasar
Yaitu strategi untuk memperkenalkan produk yang harganya relatif rendah ke pasar yang tidak memiliki segmentasi pasar elit dan hanya memiliki sedikit peluang untuk melakukan
-          Differensi
Merupakan strategi jangka panjang yang memiliki tujuan dengan cepat memasuki pasar dan segera mencapai volume penjualan yang tinggi serta membangun pasar
-          Strategi harga tinggi (skimming)
yaitu strategi yang cocok digunakan dalam tingkat persaingan rendah atau sedikit skimming dapat memperkuat citra unik dan bergensi bagi perusahaan dan menggambarkan kualitas produk yang relatif  baik. Perusahaan dapaat menggunakan harga tinggi (diatas harga normal) untuk segera menutup biaya pengembangan dan promosi awal produk tersebut
-          Meluncur mengikuti kurva permintaan
merupakan strategi variasi dari strategi harga tinggi (skimming) yaitu strategi penetapan harga jangka pendek yang mengasumsikan bahwa persaingan akan muncul. Stategi yang ditetapkan keunggulan teknologi, kemudian dengan dratis menurunkan harga produk lebih produk lebih cepat dari pesaing

9.        Sebutkan dampak yang dapat timbul akibat kesalahan dalam penetapan harga
-          Konsumen berpindah ke pesaing
-          Menurunkan permintaan akan produk ( penjualan)
-          Margin keuntungan menurun karena subtitusi lain

10.   Sebutkan langkah-langkah yang dapat digunakan dalam menghindari masalah penetapan harga
-          Mengetahui dengan baik segala  biaya yang ada
-          Jangan menetapkan harga dibawah biaya
-          Jangan terlalu cepat mengambil keputusan dalam mengahadapi perubahan harga pesaing
-          Tetapkan harga berdasarkan nilai
-          Untuk meruabah harga, pahami keadaan pasar
-          Tetapakan citra yang diinginkan perusahaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar